WAKUWAKU Magazine

yokai2 (1)
photo by Japaaan

Pameran Yokai Besar, Menjawab Rasa Penasaran tentang Makhluk Supranatural Ini

BUDAYA

Yokai—makhluk ini bukanlah peri, goblin, maupun dewa. Yokai adalah sejenis makhluk gaib alias siluman yang telah lama hadir di Jepang dan disukai orang-orang. Menurut kepercayaan, perasaan atau kekhawatiran akan sesuatu yang tidak kasatmata disebabkan oleh yokai.

Hingga saat ini, kepopuleran yokai masih begitu besar. Yokai muncul dalam berbagai karya seni, mulai dari film anime Mononoke Hime (Princess Mononoke) besutan Studio Ghibli hingga game dan anime serial Yokai Watch.

Nah, di Tokyo ada ajang yang memungkinkan kita untuk menyaksikan gambar-gambar ‘ganjil’ para yokai. Namanya Daiyokai-ten alias Pameran Yokai Besar. Penasaran isinya? Yuk kita intip bersama!

(Photo by クレジット)

(Photo by Japaaan)

Soma no Furudairi (Istana Kekaisaran Lama Soma) karya Kuniyoshi Utagawa, era Koka (1844-1848), koleksi pribadi

Jika kita telusuri sejarah yokai, sejak 4000 tahun yang lalu telah ditemukan patung tanah liat yang boleh disebut sebagai pendahulu yokai. Setelah itu Jepang melewati periode lukisan neraka dan lukisan abad pertengahan pada era Heian (794 – 1185) dan Kamakura (1185 – 1333). Dan pada era Edo (1603 – 1868), yokai menjadi populer setelah sering muncul di ukiyo-e dan pertunjukan teater sebagai hiburan kala itu.

Tsuchigumo no Soshi Emaki (aset budaya penting), abad ke-14, koleksi Museum Nasional Tokyo Image: TNM Image Archives

Pameran ini mengusung tema Pameran Yokai Besar: Dari Patung Tanah Liat hingga Yokai Watch. Banyak karya seni kenamaan yang juga merupakan harta nasional serta aset budaya penting yang dipamerkan di dalamnya. Pameran ini menawarkan kesempatan berharga untuk memandang sekilas perubahan representasi yokai dari masa ke masa.

Banyak yokai yang digambarkan secara ganjil namun ‘kawaii’. Inilah pameran yang wajib dikunjungi untuk memahami tentang yokai. Tertarik menyambanginya?

◇Tentang pameran ini

Nama: Pameran Yokai Besar: Dari Patung Tanah Liat hingga Yokai Watch (Daiyokai-ten: Dogu kara Yokai Watch made)

Tempat: Ruang pamer khusus lantai 1 Edo-Tokyo Museum

No. telp: 03-3626-9974

Periode: Selasa, 5 Juli – Minggu, 28 Agustus 2016 Situs web: http://yo-kai2016.com/

Pameran ini akan berpindah tempat ke Abeno Harukas, Osaka mulai Sabtu, 10 September 2016 hingga Minggu, 6 November 2016.

Writer: admin

TV icon   Program

Ikitagarino

"Ikitagarino" adalah orang-orang dari berbagai negara yang ingin merasakan pesona Jepang. Saksikan bagaimana mereka mengunjungi berbagai tempat yang khas Jepang. Kita juga akan mengenal kesenian yang hanya ada Jepang, serta tradisi dan kebiasaan yang bahkan orang Jepang kebanyakan tidak tahu. Mari berjumpa dengan Jepang yang sama sekali beda!

GOWAKUWAKU JAPAN

Menyajikan informasi terbaru
dari WAKUWAKU Magazine
Indonesia.

Unduh aplikasi gratis
sekarang juga!

App Store Google Play

PAGE TOP