WAKUWAKU Magazine

スクリーンショット 2016-05-26 19.57.17

Melongok Takeshita-dori, Kawasan yang Melahirkan Kyary Pamyu Pamyu

KAWAII

Harajuku, Tokyo. Siapa sih yang tidak tahu tempat nongkrong anak muda ini? Harajuku selalu disesaki anak-anak muda yang mencari fashion terbaru. Di sini, kamu bisa menemukan toko merek tertentu dan ‘select shop’, istilah khas Jepang untuk toko yang menjual berbagai merek.
Nah, di Harajuku ada suatu kawasan bernama Takeshita-dori alias Takeshita Street. Di Takeshita-dori kamu bisa menemukan berbagai macam fashion unik. Inilah kawasan pencetus budaya ‘kawaii’ sekaligus tempat yang melahirkan Kyary Pamyu Pamyu—penyanyi dan model yang terkenal di seluruh dunia.

Takeshita-dori berada persis di depan Stasiun JR Harajuku. Begitu keluar dari Takeshita Exit, kamu bakal langsung menemui kawasan pertokoan di sepanjang jalan. Takeshita-dori menaungi banyak toko fashion dan pernak-pernik lainnya.

(Photo by Shinichiro Hamazaki)

(Photo by Shinichiro Hamazaki)

Setiap hari dari pukul 11 siang sampai 6 sore, Takeshita-dori dijadikan jalan khusus pejalan kaki. Area ini juga dipenuhi wisatawan biasa serta pelajar yang tengah mengikuti karyawisata. Ya, Takeshita-dori menyandang predikat sebagai kawasan paling ramai di Harajuku.

Mulai kapan sih Takeshita-dori beken di kalangan anak muda? Bila menengok sejarahnya, sekitar tahun 1980-an banyak muda-mudi yang membeli fashion unik di butik di Takeshita-dori. Mereka berpakaian dengan unik, lalu menari-nari di jalanan. Sejak itulah, Takeshita-dori menjadi kawasan fashion yang kuat dengan ciri khasnya. Dan di sinilah fashion ala Lolita dan GothLoli lahir.

Fashion ala Takeshita-dori disebut ‘aomoji-kei’, alias aliran huruf biru. Artinya, fashion dengan gaya khas yang menafsirkan ‘kawaii’ secara lebih bebas, terutama di kalangan perempuan. Agar lebih mudah membayangkan, lihatlah fashion yang dikenakan Kyary Pamyu Pamyu.

Tak hanya fashion. Di Takeshita-dori juga ada resto pancake yang unik dan nendang, serta resto popcorn dari luar negeri. Kehadiran berbagai kuliner ini merebut hati banyak gadis muda.

Demikianlah, di Takeshita-dori banyak terdapat hal-hal yang dianggap kawaii oleh kaum hawa, terutama fashion dan kuliner. Budaya yang berkembang di Takeshita-dori ini dikenal luas di seluruh dunia sebagai budaya kawaii.

Kalau ke Tokyo, kamu wajib menyambangi pusat budaya kawaii ini.スクリーンショット 2016-05-26 21.01.41

Writer: admin

TV icon   Program

Kawaii Asia

Kawaii Asia menyajikan berbagai benda dan tempat "kawaii" di Jepang setiap minggunya. Dibawakan oleh para model Harajuku dari "ASOBI SYSTEM" (agensi yang menaungi Kyary Pamyu Pamyu) dan model populer Kumiko "KUMICKY" Funayama. Ada juga tayangan kolaborasi dengan pagelaran fashion besar di Jepang seperti "TOKYO RUNWAY" dan "KOBE COLLECTION". Popularitas acara ini terbukti dengan jumlah follower Instagram, LINE, dan Twitter yang mencapai 2,5 juta orang! Tonton acara ini dan ikuti tren "kawaii" Jepang.

GOWAKUWAKU JAPAN

Menyajikan informasi terbaru
dari WAKUWAKU Magazine
Indonesia.

Unduh aplikasi gratis
sekarang juga!

App Store Google Play

PAGE TOP