WAKUWAKU Magazine

ninja_02
photo by Joe Fruchey

Bertemu Ninja di Iga dan Koga? Inilah Dua Kampung Ninja Terbesar di Jepang

BUDAYA

Bicara soal ninja, kebanyakan orang akan langsung teringat komik Naruto. Ninja adalah serdadu bayaran yang dipekerjakan oleh penguasa di Jepang pada Abad Pertengahan. Tugas utamanya adalah memata-matai dan membunuh.

Ninja menggunakan teknik khusus yang disebut ‘ninjutsu’. Di antara ninjutsu yang terkenal adalah gosha no jutsu (lima keterampilan verbal untuk mengontrol lawan secara psikologis) dan tonjutsu (seni melarikan diri yang menggunakan api, air, atau elemen lainnya). Shuriken, senjata tajam berbentuk bintang, adalah salah satu senjata ninja yang terkenal.

(Photo by August Boehm)

(Photo by August Boehm)

Nah, tahukah Anda bahwa di Jepang ada berbagai klan ninja? Dua yang paling terkenal adalah Klan Iga dan Klan Koga.

Iga adalah nama kawasan di daerah yang kini disebut Prefektur Mie. Dahulu pergolakan terjadi di mana-mana untuk memperebutkan daerah tersebut. Ketika itu, orang-orang berusaha mempelajari teknik untuk mengumpulkan informasi dan melindungi diri—konon, inilah awal mula Ninja Iga.

Di Ninja Museum of Iga-ryu (Museum Ninja Aliran Iga) kita bisa melihat pameran senjata dan perlengkapan ninja, film yang menggambarkan ninja yang menyusup ke dalam istana, dan pertunjukan ninjutsu.

Sementara itu, Koga berada di daerah yang kini dikenal sebagai Prefektur Shiga. Konon, awal sejarah Ninja Koga adalah serangan mendadak yang dilakukan para samurai terhadap musuh yang menyusup pada zaman Sengoku (zaman negara-negara berperang, sekitar 1493 – 1573). Para samurai itu pandai dalam meracik obat, dan pengaruhnya masih bisa disaksikan hingga kini, dengan keberadaan perusahaan-perusahaan farmasi di Koga.

Selain itu, ada rumah ninja yang dipasangi banyak perangkap untuk melindungi dari musuh. Rumah ninja yang bernama Koga-ryu Ninjutsu Yashiki (Kediaman Ninja Aliran Koga) ini dibuka untuk umum. Di situ kita bisa melihat dokumen-dokumen bersejarah dan perangkap yang terpasang, serta bisa pula mencoba teknik ninja.

Beberapa tahun belakangan ini, di Tokyo dan Kyoto bermunculan restoran berkonsep ninja. Bahkan ada restoran yang menyelenggarakan pertunjukan sulap atau sejenisnya memanfaatkan teknik ninja oleh staf restoran berkostum ninja.

Nah, di Jepang makin banyak tempat untuk melihat dari dekat budaya ninja. Penasaran? Sempatkan mengunjungi tempat-tempat di atas!

Writer: admin

TV icon   Program

Japan in Motion Season11

Seorang warga asing pencinta Jepang mengupas informasi terbaru sisi lain Jepang yang tidak terdapat dalam buku panduan wisata dari berbagai sisi, mulai dari wisata, budaya, fashion, hingga subkultur. Acara populer ini ditayangkan di jaringan Nolife milik CATV di Prancis.

GOWAKUWAKU JAPAN

Menyajikan informasi terbaru
dari WAKUWAKU Magazine
Indonesia.

Unduh aplikasi gratis
sekarang juga!

App Store Google Play

PAGE TOP