WAKUWAKU Magazine

nagaoka

Pesona Kota Nagaoka: 20 Ribu Kembang Api Menghiasi Angkasa

TRAVEL

Kota Nagaoka berada di pusat Chuetsu, Prefektur Niigata. Sejak Zaman Edo, kota ini berkembang sebagai kota benteng. Niigata dikenal sebagai prefektur penghasil beras terbanyak di Jepang. Pesona yang ditawarkan Kota Nagaoka pun salah satunya terkait erat dengan hal ini.

Beras varietas koshihikari terkenal dengan sensasi lengketnya yang disukai orang Jepang dan cita rasanya yang luar biasa. Belum lagi sake lokal yang diproduksi di pabrik sake dengan tradisi yang panjang, yang didirikan antara Zaman Edo hingga pertengahan Zaman Meiji. Ya, Nagaoka memiliki banyak produk bercita rasa lezat yang sungguh menggoda.


長岡市デジタル写真館

Nagaoka juga terkenal dengan kerajinan tradisional yang lahir dari sentuhan tangan terampil para perajin. Contohnya, Tochio Temari, benda yang digunakan dalam perayaan pertumbuhan anak. Tochio Temari dibuat dengan teknik tradisional menggunakan benang brokat yang cerah. Contoh lain, altar Nagaoka, kerajinan tradisional yang dibuat sejak Zaman Edo. Altar ini menggunakan bahan pilihan dengan ukiran halus serta dekorasi tradisional berbahan kertas emas.


長岡市デジタル写真館

Ajang terbesar di Kota Nagaoka adalah Festival Nagaoka. Tahun lalu, lebih dari satu juta pengunjung menyesaki tempat penyelenggaraan festival ini. Sejarah Festival Nagaoka berawal dari Festival Pemulihan Nagaoka, yang diadakan untuk mengawali pemulihan kawasan kota tua Nagaoka, yang luluh lantak akibat serangan udara saat Perang Dunia II. Festival tersebut mulai diselenggarakan setahun setelah serangan udara terjadi, tepatnya mulai tahun 1946. Sejak saat itu, Festival Nagaoka pun terus diselenggarakan setiap tahun, dengan sejarah 70 tahun lamanya.


長岡市デジタル写真館

Nah, salah satu sesi andalannya adalah pesta kembang api spektakuler yang diluncurkan dari Sungai Shinano. Di Jepang sendiri jumlah pesta kembang api dengan skala sebesar ini tidak banyak. Pesta kembang api ini menggunakan kembang api berukuran raksasa yang disebut ‘shosan shaku dama’ (bola kembang api tiga shaku, 1 shaku = sekitar 30 cm), yang meluncur hingga ke ketinggian lebih dari 600 meter di langit. Rentetan bola kembang api yang ditembakkan ke angkasa bisa mencapai 100 lebih sekali luncur. Total 20 ribu kembang api menghiasi langit malam Nagaoka.

Selain itu, yang wajib dinikmati dalam Festival Nagaoka adalah musik yang mengiringi kembang api. Tahun lalu, penyanyi berbakat Ayaka Hirahara tampil sebagai bintang tamu dalam pesta kembang api ini, dan lagunya “Jupiter” mengiringi peluncuran kembang api ke angkasa. Grup paduan suara setempat juga memeriahkan musik untuk pesta kembang api ini. Inilah pesta kembang api di Jepang yang menyampaikan pesan tertentu bersama musik yang disajikannya.


長岡市デジタル写真館

Pada musim dingin, Kota Nagaoka juga diselimuti salju. Festival Yuki Shika diselenggarakan setiap bulan Februari. Istilah yuki shika berasal dari nama pedagang saat lemari es belum ada. Pedagang yang menjual salju Nagaoka untuk mendinginkan bahan makanan atau lainnya waktu itu disebut dengan yuki shika-ya.

Dahulu, tumpukan salju berbentuk piramida digunakan untuk menyimpan bahan makanan atau lainnya dengan cara menyelimutinya. Pemandangan ini dahulu lazim ditemukan di berbagai pelosok Nagaoka. Piramida salju yang akrab dalam keseharian tersebut dinamai yuki shika oleh warga Nagaoka.


長岡市デジタル写真館

Festival Yuki Shika tersebut penuh dengan berbagai acara yang bisa dinikmati anak-anak dan dewasa, bertujuan agar para pengunjung bisa menikmati musim dingin di Nagaoka. Di tengah hamparan salju dipasang perosotan salju jumbo, dan saat malam hari meriah dengan iluminasi salju nan fantastis. Pesta kembang api salju pun mewarnai langit malam musim dingin ini dengan indah.


長岡市デジタル写真館

Kota Nagaoka masih menyimpan banyak hal untuk dinikmati. Kuriyamazawa no Shidare-zakura adalah pohon sakura besar yang berusia lebih dari 100 tahun. Pohon ini merupakan warisan budaya Kota Nagaoka dan telah ditetapkan pula sebagai monumen alam. Tingginya 15 meter dan diameter dahannya bisa mencapai 2,25 meter. Bisa dibayangkan besarnya ukuran Kuriyamazawa no Shidare-zakura. Pohon ini mekar sempurna pada musim semi, menyejukkan pandangan orang-orang yang melihatnya.

Nagaoka juga memiliki beberapa ekor alpaka yang disumbang oleh peternakan di Colorado, AS. Alpaka ini dihadiahkan sebagai simbol harapan pemulihan Desa Yamakoshi yang mengalami kerusakan besar dalam Gempa Bumi Besar Chuetsu. Museum Seni Modern Prefektural Niigata juga memungkinkan pengunjung untuk menikmati berbagai karya seni modern. Museum ini berlokasi di tempat yang kaya hehijauan—sungguh alami. Masih banyak destinasi wisata menarik lainnya di Nagaoka.


長岡市デジタル写真館

Nagaoka juga mudah dicapai dari Tokyo, cukup dengan 1,5 jam perjalanan naik Joetsu Shinkansen. Nagaoka juga bisa diakses dari destinasi wisata terkenal lainnya di Jepang, seperti Kanazawa dan Nagano, menggunakan Hokuriku Shinkansen. Nagaoka telah menjelma sebagai daerah yang makin akrab di kalangan para wisatawan, dan tampaknya jumlah turis akan meningkat berkat program-program kerja sama berbagai kota.

Kota Nagaoka menghadap ke Laut Jepang dan dikenal sebagai daerah dengan alam nan kaya yang unggul dalam produksi beras. Banyak sudut kota ini yang menawarkan sensasi sejarah sebagai kota benteng. Kuliner khas Nagaoka pun bakal memanjakan perut dan lidah pengunjungnya. Ditambah dengan berbagai ajang selama empat musim, Nagaoka menarik untuk dikunjungi kapan saja sepanjang tahun.

Untuk cita rasa yang lain dari wisata Jepang, masukkan Kota Nagaoka sebagai salah satu destinasi wisatamu!

Writer: admin

Menyajikan informasi terbaru
dari WAKUWAKU Magazine
Indonesia.

Unduh aplikasi gratis
sekarang juga!

App Store Google Play

PAGE TOP