WAKUWAKU Magazine

3階インターナショナルデザイナーズ

Department Store Terkemuka di Jepang Ini Menggabungkan Perdagangan dan Budaya

TRAVEL

Tahukah Anda tentang ‘hyakkaten’ di Jepang?

Hyakkaten berarti department store dalam bahasa Jepang, atau kerap disingkat ‘depato’. Hyakkaten adalah toko besar yang menjual berbagai macam barang, mulai dari pakaian, perhiasan, peralatan rumah tangga, hingga makanan. Hyakkaten, alias toko serba ada, menjamin tersedianya segala barang bagi pengunjungnya.

Nah, department store Jepang menawarkan hal yang berbeda dengan mal luar negeri. Department store Jepang merupakan rumah harta karun budaya Jepang yang penuh dengan tradisi Jepang dan semangat keramahtamahan (atau ‘omotenashi’) ala Jepang. Di situ terdapat layanan dan perkembangan yang menyatukan sebuah department store dan kawasan tempatnya berada.

Grup Isetan Mitsukoshi adalah department store terbesar di Jepang dengan sejarah panjang. Artikel ini menyajikan profil tiga toko milik Grup Isetan Mitsukoshi yang berada di Tokyo, ibu kota Jepang.

Pertama-tama, mari kita kunjungi Ginza Mitsukoshi yang berada di Ginza, salah satu kawasan perbelanjaan terkenal di Tokyo. Ginza Mitsukoshi telah eksis di pusat Ginza selama lebih dari 80 tahun, mengusung perpaduan antara tradisi dan inovasi. Di area penjualan makanan di basement Ginza Mitsukoshi, Anda bisa mendapatkan kudapan manis, lauk, makanan segar, dan bento.

Di antara para pengunjung Ginza Mitsukoshi, tidak sedikit yang membeli bento lalu membawanya ke Kabuki-za yang berjarak 5 menit jalan kaki dari department store ini. Kenapa ada fenomena ini? Dalam pertunjukan kabuki, kesenian tradisional Jepang, ada waktu rehat sepanjang 30 menit. Nah, menyantap bento yang dibawa ke tempat itu telah menjadi semacam kesenangan tersendiri dalam menikmati kabuki. Hal ini memicu Ginza Mitsukoshi untuk menyediakan ‘bento menonton pertunjukan’, salah satu bento andalannya hingga sekarang.

Sebagaimana telah disebutkan di atas, Ginza Mitsukoshi mengusung elemen tradisi dan inovasi. Nah, dari segi inovasi, Ginza Mitsukoshi menyediakan layanan khusus untuk wisatawan asing yang jumlahnya terus bertambah belakangan ini. Langkah ini terbukti sukses mendulang pengunjung dari luar Jepang.

Ada satu lagi andalan Ginza Mitsukoshi, yakni Ginza Terrace, tempat bersantai di atas atap yang memungkinkan pengunjung untuk rileks seraya merasakan empat musim. Di sini terdapat kantor Kuil Mimeguri yang menyimpan patung Jizo berusia lebih dari 150 tahun. Berbagai keunikan Ginza Mitsukoshi ini menjadi magnet penarik wisatawan dari luar negeri.

Japan Duty Free Ginza merupakan toko bandara bebas bea yang pertama di Jepang selain Okinawa yang berada di lantai 8. Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai barang pilihan, mulai dari merek terkenal dari luar negeri hingga produk kerajinan tradisional Jepang. Selain bisa membeli dengan harga ‘duty free’, pengunjung juga bisa menerima barang yang telah dibeli di Bandara Narita dan Haneda.

Sekarang kita beranjak ke Nihonbashi Mitsukoshi Main Store. Nihonbashi adalah kawasan persilangan masa lalu dan masa kini Tokyo. Nihonbashi Mitsukoshi merupakan salah satu toko tertua yang berada di kawasan dengan sejarah panjang, tempat berkumpulnya para pedagang dari seluruh Jepang sejak Zaman Edo (1603-1868). Nihonbashi Mitsukoshi Main Store terkenal sebagai hyakkaten pertama di Jepang. Tak berlebihan jika mengatakan department store ini sebagai warisan sejarah Jepang, bukan sekadar warisan sejarah Tokyo.

Nihonbashi Mitsukoshi Main Store dulunya dibangun sebagai Echigoya, toko kimono yang berdiri pada tahun 1673, lalu berubah nama menjadi Mitsukoshi. Pada tahun 1904 Mitsukoshi mengeluarkan Deklarasi Department Store (Hyakkaten Sengen). Berkat ini, Mitsukoshi disebut sebagai department store tertua di Jepang. Mitsukoshi terpilih sebagai Bangunan Bersejarah Pilihan Prefektur Tokyo berkat bangunannya yang bergaya Renaissance yang selesai pada tahun 1935. Koleksi kimono yang dimilikinya disebut-sebut sebagai koleksi terbaik di Jepang.

Nihonbashi Mitsukoshi Main Store memajang Patung Magokoro, patung dewi yang sangat indah yang berada di aula tengah, ruang terbuka besar setinggi lima lantai. Konon, Patung Magokoro ini pengerjaannya memakan waktu 10 tahun. Patung ini bukan hanya terlihat menonjol di dalam bangunan Mitsukoshi, melainkan juga mengekspresikan ketulusan (‘magokoro’ dalam bahasa Jepang), falsafah dasar yang dianut Mitsukoshi terhadap pelanggan. Permainan pipe organ yang dipertunjukkan di dalam aula terbuka tersebut juga terkenal di kalangan pengunjung Mitsukoshi.

Terakhir, Isetan Shinjuku. Isetan Shinjuku berlokasi di pusat kawasan Stasiun Shinjuku, salah satu stasiun utama di Tokyo. Mengusung kata kunci ‘fashion museum’, Isetan Shinjuku menjadi tempat yang sangat penting dalam dunia fashion Jepang dan selalu menjadi rujukan para fashionista baik dalam dan luar negeri.

Shinjuku merupakan tempat yang menyimpan ciri khas ‘keberagaman’. Pasalnya, selain terdapat terdapat banyak kantor pemerintahan dan politik seperti Gedung Pemerintah Metropolitan Tokyo, Shinjuku juga merupakan daerah hiburan terbesar di Asia, terutama kawasan Kabukicho. Sejak dahulu, berbagai budaya berkumpul dan mengakar di sini.

Fashion merupakan elemen penting dalam budaya modern di Jepang. Boleh dikatakan, fashion di sini dipimpin oleh Shinjuku Isetan. Kini, Shinjuku Isetan memegang rekor penjualan pakaian terbanyak di Jepang. Eksistensinya terukir dalam-dalam di hati orang-orang sebagai entitas unik di dunia fashion Jepang, baik dahulu maupun ke depan.

Dalam upayanya untuk menjadi fashion museum terbaik di dunia, Isetan Shinjuku yang direnovasi pada tahun 2013 menawarkan konsep fashion dengan seluruh elemen ini: pakaian, makanan, tempat tinggal, dan permainan.

Ya, seiring dengan perkembangan sebuah kawasan, department store Jepang bukan hanya menyajikan perdagangan, melainkan juga elemen budaya. Department store milik Grup Mitsukoshi Isetan menawarkan berbagai layanan seraya memberikan pengakuan penting atas nilai yang tercipta dari tradisi, budaya, dan estetika Jepang. Layanan tersebut akan memperkaya kehidupan orang-orang yang berkunjung ke Mitsukoshi Isetan.

Isetan dan Mitsukoshi adalah representasi department store Jepang yang memungkinkan pengunjungnya bersinggungan dengan esensi dari budaya Jepang. Maka, berkunjung ke department store ini saat Anda berwisata ke Jepang pun adalah agenda yang sangat menarik. Anda pasti akan bersentuhan dengan hal-hal baru yang hanya akan Anda temukan di Mitsukoshi Isetan.

<Akses>

Ginza Mitsukoshi
4-6-16, Ginza, Chuo-ku, Tokyo
http://www.mitsukoshi.co.jp/g/int

Nihonbashi Mitsukoshi Main Store
1-4-1, Nihombashi , Muromachi, Chuo-ku, Tokyo
http://www.mitsukoshi.co.jp/int

Isetan Shinjuku
3-14-1, Shinjuku, Shinjuku-ku, Tokyo
http://www.isetan.co.jp/int

Writer: admin

Menyajikan informasi terbaru
dari WAKUWAKU Magazine
Indonesia.

Unduh aplikasi gratis
sekarang juga!

App Store Google Play

PAGE TOP