WAKUWAKU Magazine

PAK15_saikindeaiganaina-_TP_V (1)

Wiski Jepang, Buah Kepiawaian Jepang yang Diakui Dunia

BUDAYA

Kekayaan aroma yang melewati hidung, perpaduan manis dan wangi melebur indah dalam setiap tegukan, serta cita rasa lembut nan menyegarkan saat melewati kerongkongan. Itulah wiski, minuman yang digemari orang dewasa.

Konon, sejarah wiski di Jepang bermula saat Matthew Perry tiba di Jepang pada akhir periode Edo. Matthew Perry adalah komodor AL Amerika Serikat yang berperan dalam dibukanya isolasi Jepang terhadap Barat. Saat itu Perry membawa wiski ke Jepang untuk menjamu orang-orang Jepang.

Lalu, wiski produksi Jepang lahir pada tahun 1929. Awalnya, wiski di Jepang dibuat dengan meniru wiski Scotch. Setelah itu, produsen wiski Jepang melakukan modifikasi agar rasanya lebih cocok di lidah orang Jepang, di antaranya dengan menekan rasa berasap (smoky) pada wiski jenis ini.

Nah, di Jepang ada produsen wiski yang produknya meraih reputasi internasional beberapa tahun ini. Produsen tersebut berada di Yoichi, Hokkaido. Faktor iklim dan topografinya yang mirip dengan Skotlandia membawa pengaruh positif bagi wiski yang diproduksi di sini.

Kontes yang diselenggarakan oleh Whisky Magazine yang berbasis di Inggris pada tahun 2001 memilih Nikka Single Cask Yoichi 10 Years sebagai Best of the Best. Terpilihnya wiski dari Yoichi ini melambungkan nama wiski Jepang ke seluruh dunia.

Single cask berarti satu tong. Nah, wiski single cask berarti wiski malt “matang” di dalam sebuah tong tersebut, lalu dibotolkan. Artinya, kita bisa menikmati secara langsung keunikan rasa yang dihasilkan dari tong tersebut.

Selain itu, tong yang merupakan faktor vital dalam wiski ini justru menggunakan tong baru. Terobosan berani dari metode konvensional justru sukses menghasilkan wiski yang diakui dunia.

Sejak itu, wiski Jepang terus menuai sukses di berbagai kontes wiski. Tak heran bila kini wiski Jepang telah berkembang menjadi salah satu wiski top tingkat dunia.

Wiski Jepang sungguh cocok disesap saat menyantap masakan Jepang. Selain itu, wiski juga bisa diencerkan dengan air dingin atau air hangat, ala highball dengan dicampur soda, dan masih banyak lagi. Sesuaikan saja dengan suasana hati saat itu.

Justru keasyikan mencari perpaduan yang paling cocok itulah salah satu daya tarik wiski Jepang.

Wiski Jepang lahir dari ketekunan dan lidah yang peka. Tak berlebihan kiranya jika mengatakan bahwa wiski Jepang menunjukkan kepiawaian Jepang yang sebenarnya.

Writer: admin

TV icon   Program

SHIKI-ORIORI -JAPAN FOOD & FESTIVAL-

Program baru yang memperkenalkan masakan dan festival Jepang tiap harinya. Wajib ditonton bagi Anda yang ingin berwisata ke Jepang!

GOWAKUWAKU JAPAN

Menyajikan informasi terbaru
dari WAKUWAKU Magazine
Indonesia.

Unduh aplikasi gratis
sekarang juga!

App Store Google Play

PAGE TOP