WAKUWAKU Magazine

omiyage_03
photo by Danny Choo

Oleh-oleh Khas Jepang yang Praktis Sekaligus Lezat, Apa Itu?

MAKANAN

Pernahkah Anda merasa bahwa memilih oleh-oleh cukup memakan waktu? Saat Anda menimbang-nimbang untuk membawakan oleh-oleh berupa produk makanan, barangkali Anda bingung antara memilih produk yang tahan lama atau yang langsung dimakan.

Di bawah ini kami menyajikan beberapa produk makanan yang cocok sebagai oleh-oleh dan mudah didapatkan di supermarket.

(Photo by minoir)

(Photo by minoir)

1. Produk ganggang laut (kombu)
Kombu tidak bisa lepas dari pola makan masyarakat Jepang. Inilah ganggang laut yang kaya dengan kandungan umami. Apakah Anda tertarik untuk mencoba produk kombu yang bisa digunakan untuk masakan sekaligus cara membuatnya?

Pertama, shio kombu (ganggang laut asin). Produk ini berupa irisan tipis kombu yang diberi perisa tambahan.

Lalu, ada juga bubuk kombucha. Kombucha digunakan sebagai pengganti garam, dan rasanya sungguh lezat karena memiliki kandungan umami selain rasa asin. Tak heran bila kombucha juga cocok untuk membuat acar. Caranya, cukup campurkan kombucha dengan sayur.

Selain dua produk kombu di atas, kini yang tengah menjadi sorotan adalah tororo-kombu. Tororo-kombu adalah irisan kombu yang dibuat acar dengan rendaman cuka. Perempuan Jepang menyukainya dalam diet mereka karena tingginya kandungan serat dan nilai gizinya. Biasanya tororo-kombu dicampurkan ke dalam sup miso atau dimakan sebagai topping nasi. Makanan ini juga bisa ditaburkan di atas selada.

(Photo by Hidetsugu Tonomura)

(Photo by Hidetsugu Tonomura)

2. Produk kedelai
Produk kedelai seperti miso, shoyu, dan tahu sangat mengakar dalam budaya makanan Jepang.
Nah, ada alternatif produk kedelai yang cocok untuk oleh-oleh, yaitu kinako dan tepung okara.

Kinako adalah bubuk kedelai yang dibuat dari kacang kedelai panggang yang ditumbuk halus. Kinako sering digunakan dalam kue tradisional Jepang. Kinako kaya akan serat dan protein alami. Campurkan kinako ke susu sapi, susu kedelai, atau smoothie, dan Anda akan mendapatkan minuman yang lezat bernutrisi.

Okara adalah ampas kedelai yang muncul dalam proses pembuatan tahu setelah adonan kacang kedelai diperas. Tepung okara adalah okara yang dikeringkan, memiliki nilai gizi yang tinggi dan kaya akan serat. Tepung okara mudah dicampurkan ke dalam masakan lain dan sangat menyehatkan. Tepung okara bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu, misalnya untuk kue, cake, dan hamburger. Porsi makanan tidak akan berkurang namun kalorinya lebih rendah. Itulah mengapa tepung okara sungguh cocok untuk diet.

Dua produk makanan Jepang yang menyehatkan di atas mendapat perhatian khusus dari dunia internasional. Harganya terjangkau, awet, dan cara memanfaatkannya pun bermacam-macam.

Bagaimana? Tertarik untuk menambahkan produk kombu dan kedelai ke dalam daftar oleh-oleh Anda?

Writer: admin

TV icon   Program

Why Did You Come To Japan?

Apakah pendatang dari luar negeri ini datang ke Jepang untuk wisata? Kerja? Belajar? Pembawa acara akan mewawancara para pendatang di bandara tanpa janji temu sebelumnya! Wawancara juga orang-orang di pelabuhan atau lokasi event! Apa yang akan terjadi sama sekali tidak bisa diduga. Saksikanlah serunya di acara hiburan ala dokumenter ini.

GOWAKUWAKU JAPAN

Menyajikan informasi terbaru
dari WAKUWAKU Magazine
Indonesia.

Unduh aplikasi gratis
sekarang juga!

App Store Google Play

PAGE TOP