WAKUWAKU Magazine

8bit-ghibli1

Video 8 Bit Bergaya Retro Ini Merangkum Film-film Ghibli dengan Sempurna

TREND

Studi Ghibli dikenal dengan berbagai karya animenya yang berkelas dunia. Tahukah kamu, ada video yang menyajikan Spirited Away dan Princess Mononoke ala game Nintendo?


Photo: CineFix YouTube Screenshot

Karya-karya Ghibli selalu mencengangkan baik dari segi visual maupun musik. Bisakah karya seindah itu direproduksi dalam format 8 bit? Buat kamu yang meragukannya, baca dulu baik-baik penjelasan dalam artikel ini.

▶【Rekomendasi】
Mogra Joshi, Tren Terbaru di Jepang: Ya Model, Ya Gravure Idol

Spirited Away yang diringkas dalam durasi 4 menit 38 detik

Video ini dirilis pada bulan April 2015 dan telah ditonton hampir 1,5 juta kali. Setelah diunggah di Youtube, tak banyak orang Jepang yang mengetahui video ini. Namun, pada suatu hari ketika film Spirited Away diputar oleh salah satu saluran televisi di Jepang, ada seseorang yang mencuitkan di Twitter mengenai keberadaan video Spirited Away versi game Nintendo ini, lalu menjadi viral. Kebetulan, banyak orang yang baru saja menonton lagi Spirited Away lewat layar kaca, lalu terkejut dengan jalan cerita, musik, dan karakter yang begitu mirip dengan aslinya.

Masih ada satu lagi karya Ghibli yang di-retro-kan.

Princess Mononoke diringkas dalam video berdurasi 3 menit 20 detik. Video ini juga menyajikan secara mendetail latar dan karakter pendukung untuk setiap adegan. Baik visual maupun musiknya berhasil menyajikan dunia Ghibli secara apik dalam keterbatasan yang dimiliki 8 bit.

Siapa sih pembuatnya?

Pembuat video-video tersebut adalah CINEFIX, grup kreator yang mewadahi produser video, aktor, dan animator. Laman resmi Facebook CINEFIX memuat berbagai informasi seputar kelompok ini.
https://www.facebook.com/CineFixNetwork/

Selain Princess Mononoke dan Spirited Away, CineFix tergolong rajin mereproduksi berbagai film terkenal dalam format 8 bit. Ada yang berdurasi 1,5 menit hingga 5 menit.

Jika dua karya Ghibli di atas merupakan penyajian horizontal scrolling, video yang satu ini dibuat ala role-playing game alias RPG. Contohnya, saat mendapatkan item, saat suatu karakter menjadi rekan kita sendiri, atau saat menumbangkan musuh besar. Orang yang mengetahui film aslinya bakal merasa kalau alur cerita film aslinya memang memiliki unsur RPG yang kuat. Video ini terbukti sukses menampilkannya.

Masih banyak yang lain, misalnya Titanic dan Star Wars. Semuanya bisa ditonton di Youtube. Misalnya kamu tidak mengetahui film aslinya, kamu masih bisa menikmati kisahnya secara lengkap dalam bentuk 8 bit. Tanpa tahu jalan ceritanya, kita masih bisa menikmati video-video unik karya CineFix ini.

Top Photo: CineFix YouTube Screenshot

▶【Rekomendasi】

Ketika Kawaii dan Seksi Berpadu: Nana Asakawa Sang Idol 2017

Mengintip Beberapa Karya Sensual Yoshikazu Aizawa, Fotografer Asal Tokyo

Writer: admin

Menyajikan informasi terbaru
dari WAKUWAKU Magazine
Indonesia.

Unduh aplikasi gratis
sekarang juga!

App Store Google Play

PAGE TOP